Heboh, Padi Ini Tumbuh Di Dalam Gedung Gan!

Semua orang pasti tau tentang padi. Ya, tanaman yang nantinya akan jadi beras ini terkenal luas di seluruh dunia. Apalagi di Indonesia, padi tersebar dan di tanam dimana-mana, karena memang menghasilkan beras yang merupakan makanan pokok negeri ini. Agan tau dimana padi itu ditanam? Ya, betul! Di sawah, Gan. Letak sawah itu dimana? Sudah tentu jawabannya di luar, di alam terbuka. Tapi tunggu dulu, Gan, karena sawah yang satu ini benar-benar beda dari yang lain. Perbedaannya adalah sawah ini terletak di dalam gedung.

Agan pasti heran dengan hal yang satu ini. Gak usah heran, Gan, hal ini benar-benar ada. Tepatnya di Tokyo, Jepang, padi tumbuh di sawah yang ada di dalam gedung. Memang aneh rasanya mendengar hal itu. Tapi hal itu bukanlah hal yang mustahil bagi negara maju sekaliber Jepang. Negara yang memang terkenal akan teknologi canggihnya tersebut mampu mewujudkan hal yang mustahil. Hal itu karena di Jepang sangatlah sedikit area yang bisa ditanami padi. Sawah-sawah di Jepang sangat terbatas jumlahnya, kalah oleh perkembangan infrastruktur megah seperti gedung pencakar langit, apartemen, dan rumah-rumah warga.











Untuk menyiasati hal tersebut, pemerintah dan ilmuwan di Jepang membuat suatu ide dimana ingin membuat sawah yang bisa ditanami padi, tempat yang paling tepat adalah di dalam gedung. Pasona Group adalah yang bertanggung jawab untuk pengelolaan sawah tersebut. Pemilihan letak sawah dipilih di basement gedung 27 lantai di kawasan Business District. Luasnya sekitar 3.000 m2. Gedung ini dulunya merupakan brankas sebuah bank yang ada di Tokyo.

Wisatawan pun bisa melihat sawah unik ini, dimana nantinya akan ada tour dengan mengelilingi 6 ruangan berbeda. Hal-hal alami untuk perkembangan padi digantikan dengan berbagai teknologi canggih. Sinar matahari misalnya, digantikan oleh lampu-lampu yang tersebar di penjuru ruangan. Temperaturnya pun diatur langsung oleh komputer. Metode yang digunakan untuk padi di sana menggunakan teknik hydroponic. Padi tidak menyerap air dari tanah, melainkan mendapatkannya langsung. Hasil yang didapatkan saat musim panen pun sangat melimpah. Dari hasil tersebut digunakan untuk bahan masakan di gedung tersebut. Selain itu warga sekitar pun turut mendapat pasokan makanan dari gedung tersebut. Tidak hanya padi saja, tercatat ada
100 jenis tanaman termasuk padi, buah, sayur, bunga dan rempah. Wow, benar-benar luar biasa!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Heboh, Padi Ini Tumbuh Di Dalam Gedung Gan!"

Posting Komentar