Apa Itu Pomade?

apa itu pomade?
Setelah sebelumnya ngebahas tentang gaya rambut pria yang lagi nge-hits, kali ini Gue Cowok! bakal ngebahas tentang Pomade. Apa sih Pomade itu? Jadi, Pomade adalah sejenis minyak rambut, Gan. Bahan-bahan buat Pomade biasanya terdiri dari wax, minyak kelapa, lanonin, dan dikasih wangi-wangian supaya aromanya segar. Pomade sebenernya udah ada sejak lama yaitu tahun 1900-an, dan sejak itu terus mengalami perkembangan dengan berbagai jenis campuran dan wewangian.

Agan pernah liat foto Elvis Presley? Apa yang menarik dari penampilan beliau? Yup, Rambut! Rambut Elvis emang jadi salah satu ikon yang paling diinget dari sosok beliau. Gaya rambut klimis berjambul dengan sisiran kebelakang sudah menjadi trade mark tersendiri. Untuk menciptakan gaya rambut seperti itu pastinya dibutuhkan pomade untuk menjaga tatanan rambut tahan lama. Apalagi di zaman sekarang ini, model rambut pria berkembang pesat sehingga butuh suatu aplicator buat ngebentuk model rambut yang diinginkan.  

Selain itu Pomade juga terdiri dari berbagai jenis dan tingkatan, Gan. Ada yang berjenis Water Based, Petroleum Based dan juga Mixed Based Pomades. Sedangkan untuk tingkatannya sendiri Pomade terbagi jadi Strong Hold (daya rekat kuat), Medium Hold (daya rekat sedang), dan juga Light Hold (daya rekat rendah). Biar lebih jelasnya berikut ringkasannya.

1. Potreleum Based
apa itu pomade?
Jenis ini menggunakan petroleum atau minyak sebagai bahan dasarnya. Karena bahan dasarnya adalah minyak, pomade ini  bakal menghasilkan efek tahan lama di tatanan rambut Agan. Tidak peduli agan berkeringat atau kehujanan, pomade ini tidak akan hilang jadi lebih memudahkan Agan mengatur ulang rambut tanpa harus menambahkan Pomade lagi. Potongan rambut yang cocok pake Pomade jenis ini adalah rambut bertipe Pompadour, Gan. Karena bahan dasarnya adalah minyak, Pomade jenis ini agak susah untuk dihilangkan sehingga jadi kekurangan untuk jenis ini dan biasanya harus menggunakan shampoo khusus.

2. Water Based
apa itu pomade?
Via sixty8chicago.com
Pomade jenis ini bahan dasarnya dari air, Gan. Karena berbahan dasar air, Pomade jenis ini bakal lebih terasa lembut di rambut. Pomade berbahan dasar air lebih cocok diterapkan di rambut panjang lurus, dengan sisiran kebelakang. Dengan begitu bakal menghasilkan suatu gaya rambut yang basah dengan kesan yang natural.  Kelebihan dari Pomade ini yaitu cara membersihkannya yang gampang. Biasanya cukup bilas dengan air, rambut Agan langsung bersih tuntas. Salah satu gaya rambut yang cocok untuk jenis ini adalah Longer Hair Witch Sort Side. 

3. Mixed Based Pomade 
apa itu pomade?
Via sivletto.com
Jenis terakhir ini pake bahan dasar campuran minyak dan air, Gan. Untuk ketahanannya sendiri berada di tengah-tengah, yaitu lebih kuat dibandingkan Water Based dan lebih lemah dibandingkan Potreleum Based. Dengan menggunakan jenis ini, kesan basah dan berkilau akan kurang terlihat dibandingkan kalau Agan menggunakan yang berbasis Potreleum maupun Water Based.

Itu dia Gan, penjelasan singkat tentang Pomade. Satu hal yang paling penting adalah ketahui dulu jenis dan potongan rambut yang agan inginkan sebelum memilih Pomade, salah milih Pomade bisa jadi bakal merusak  penampilan Agan. Semoga membantu, Gan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Pomade?"

Posting Komentar